Sepakbola

Selamatkan Portugal dari Kekalahan, Ronaldo Kembali Ukir Rekor

cristiano ronaldo

Catatan.id – Baru menjalani satu pertandingan di Piala Dunia 2018, megabintang Portugal Cristiano Ronaldo sudah mengukir rekor baru. Pada laga perdana Portugal di Grup B menghadapi Spanyol, Ronaldo menjadi penyelamat kekalahan timnya berkat hat-trick ke gawang David De Gea. CR7 pun disebut-sebut sebagai manusia rekor.

Laga antara Portugal kontra Spanyol berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi, pada Sabtu (16/6/2018) dinihari WIB. Pertandingan berlangsung ketat karena kedua kesebelasan saling mengejar gol. Skor 3-3 pun dinilai menjadi penutup yang adil bagi Portugal dan Spanyol yang sama-sama tampil baik.

Ronaldo langsung membuka kran golnya di Piala Dunia pada menit ketiga ketika ia dilanggar oleh Nacho Fernandez di dalam kotak penalti. Tak menyia-nyiakan peluang untuk membawa Portugal unggul, Ronaldo sukses mengelabui De Gea di menit keempat.

Berkat gol tersebut, Ronaldo mencatatkan rekor sebagai pesepakbola pertama yang berhasil selalu mencetak gol di delapan turnamen utama berturut-turut. Ronaldo juga masuk dalam jajaran elit para pemain yang mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia.

Setelah gol tersebut, Spanyol bisa kembali ke permainan setelah Diego Costa mencetak gol di menit ke-24. Satu menit jelang waktu normal babak pertama usai, Ronaldo kembali membawa Portugal unggul. Tendangannya dari luar kotak penalti tidak bisa dihentikan secara sempurna oleh De Gea dan membawa Portugal unggul 2-1 saat turun minum.

Di awal babak kedua, Portugal sempat lengah dan kembali kecolongan gol. Gol kedua Diego Costa dan gol indah dari Nacho masing-masing di menit ke-55 dan ke-58 membuat Spanyol berbalik unggul 2-3.

Tetapi Ronaldo lagi-lagi menjadi juru selamat bagi Selecao das Quinas saat pertandingan memasuki menit akhir. Portugal mendapat hadiah tendangan bebas di menit ke-88. Ronaldo melepas tendangan keras ke sudut atas kanan gawang yang membuat De Gea hanya terpaku melihat datangnya bola. Dengan hat-trick-nya tersebut, Ronaldo pun dinobatkan sebagai man of the match.

Bukan hanya itu, tetapi gol ketiga Ronaldo sekaligus menjadikannya sebagai pemain tertua (33 tahun) yang mencatatkan hat-trick di Piala Dunia. Ini adalah hat-trick ke-51 sepanjang kariernya membela klub maupun timnas.

Penampilan apik Ronaldo pun mendapat pujian dari pelatih timnas Spanyol, Fernando Hierro.

“Ketika Anda menghadapi pemain seperti Ronaldo, hal seperti ini bisa saja terjadi. Saat tim memiliki seorang pemain, maka itu menjadi sebuah keberuntungan untuk tim manapun yang memilikinya,” ujar Hierro dikutip dari BBC.

Selain dua rekor tersebut, berikut rekor-rekor lain yang diukir oleh CR7 setelah laga melawan Spanyol:

– Bersama timnas Portugal, Ronaldo mencatatkan 23 gol dalam 18 pertandingan terakhirnya.

– Untuk pertama kalinya di Piala Dunia, Ronaldo berhasil membukukan gol lewat tendangan bebas. Ini gol tendangan bebas pertamanya setelah 45 kali percobaan.

– Dengan tambahan tiga gol, total Ronaldo sudah mencetak 84 gol untuk Portugal. Raihannya sama dengan catatan Ferenc Puskas untuk timnas Hongaria dan hanya kalah dari Ali Daei (Iran) dengan 109 gol.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top