Sepakbola

Pembelaan untuk De Gea yang Tampil Buruk di Piala Dunia 2018

david de gea

Catatan.id – Timnas Spanyol harus angkat koper lebih awal dari Piala Dunia 2018 setelah menelan kekalahan dari tim tuan rumah, Rusia, di babak 16 besar pada Minggu (1/7/2018) malam WIB. Adapun salah satu pemain yang paling menjadi sorotan dari kubu Spanyol di laga tersebut adalah David De Gea. Penjaga gawang milik Manchester United itu menunjukkan performa di bawah standar sepanjang gelaran empat tahunan itu.

Tidak seperti saat tampil bersama MU, David De Gea kebobolan enam gol dari empat laga yang dimainkannya. Alhasil, Spanyol bersama dengan Argentina menjadi peserta 16 besar Piala Dunia 2018 yang paling banyak kebobolan. Padahal, De Gea juga ditemani oleh bek tengah berpengalaman seperti Sergio Ramos dan Gerard Pique.

Total dari tujuh tembakan on target yang dihadapi De Gea di Rusia, ia kebobolan enam kali dan hanya melakukan satu penyelamatan berarti. Namun meski tampil tidak sebaik biasanya, De Gea tetap mendapat pembelaan dari rekan setimnya, Thiago Alcantara. Pemain Bayern Munich itu mengatakan De Gea masih merupakan kiper yang hebat.

“Kiper adalah posisi yang sangat tidak menguntungkan dan itu yang dimainkan oleh David [De Gea]. Kalau Anda tidak sering melihatnya di tim nasional ataupun Manchester United, lihatlah segera,” kata Thiago dikutip dari Goal.

“Dia [De Gea] masih sosok kiper yang luar biasa,” ujarnya.

Thiago bahkan juga tak ragu memberikan pujian setinggi langit untuk rekan setimnya itu. Pasalnya De Gea memang dinobatkan sebagai kiper terbaik di Liga Inggris selama beberapa musim terakhir.

“Dia penjaga gawang terbaik di Liga Inggris. Dia bekerja layaknya ‘hewan peliharaan’ dan kami sangat percaya terhadap David. Namun, kami memiliki tiga kiper yang bagus di dalam tim,” ujar mantan pemain Barcelona.

Seiringan dengan tersingkirnya Spanyol dari Piala Dunia, berbagai spekulasi pun mulai merebak. Ada yang mengatakan bahwa pelatih Spanyol, Fernando Hierro, sejatinya ingin mencadangkan De Gea di babak 16 besar melawan Rusia dan menggantikannya dengan kiper Real Sociedad, Kepa Arrizabalaga. Namun kenyataannya hal itu tidak terjadi, De Gea tetap dipercaya mengawal gawang La Furia Roja sepanjang pertandingan penuh.

Setelah Piala Dunia 2018, De Gea akan segera kembali bergabung dengan skuat Manchester United untuk melakukan persiapan pramusim. Berita terakhir yang beredar menyebutkan eks penjaga gawang Atletico Madrid itu telah disiapkan kontrak baru berdurasi lima tahun oleh Manchester United. Tetapi belum ada konfirmasi apapun dari kedua belah pihak.

Pada musim 2017/18 lalu, De Gea melakoni musim tersukses sepanjang kariernya dan berhasil merebut gelar Golden Glove Premier League dengan mencatatkan 18 clean sheet. Ia juga terpilih menjadi Player of the Year Manchester United untuk keempat kalinya dalam lima musim terakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top