Sepakbola

Eriksen Jadi Sasaran Kritik Atas Kekalahan Denmark

christian eriksen

Catatan.id – Christian Eriksen menjadi pemain pembeda yang dimiliki Denmark hingga mampu lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Peran Eriksen di lapangan tengah telah berhasil menghidupkan permainan Tim Dinamit selama ini. Namun, Denmark kini sudah harus angkat koper dari Rusia usai dikalahkan Kroasia di 16 besar lewat drama adu penalti. Mantan pelatih Republik Irlandia, Martin O’Neilll, menilai Eriksen adalah pemain yang punya andil dalam kekalahan tersebut.

Di laga melawan Kroasia yang berlangsung Senin (2/7/2018) dinihari WIB, Denmark sempat unggul cepat melalui Mathias Joergensen di menit kedua. Tetapi Kroasia langsung bisa membalas lewat aksi Mario Mandzukic tiga menit berselang. Setelah kedudukan seimbang 1-1, kedua tim tak mampu lagi mencetak gol tambahan hingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Christian Eriksen ditunjuk menjadi eksekutor pertama bagi Denmark, namun tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Kroasia, Danijel Subasic, sehingga bola hanya membentur tiang. Selain itu ada dua pemain lain yang penaltinya berhasil digagalkan Subasic. Walaupun kiper Denmark, Kasper Schmeichel, juga menunjukkan performa yang luar biasa dengan menepis dua tendangan penalti, namun Kroasia akhirnya berhasil lolos ke babak berikutnya.

Kegagalan penalti Eriksen tersebut bukanlah alasan yang membuat O’Neilll melontarkan kritikan kepada bintang Tottenham Hotspur itu. Menurutnya, Eriksen memang tidak tampil baik secara keseluruhan hingga akhirnya Denmark tidak mampu mengalahkan Kroasia di waktu normal pertandingan dan babak tambahan waktu.

“Dia tidak sering memegang bola dan saya kira beberapa kesalahan juga berasal darinya juga,” kata O’Neilll dikutip dari Express.

“Denmark harus merasa bangga dengan bagaimana mereka mengontrol jalannya pertandingan. Mereka bisa membuat [Luka] Modric dan kawan-kawan tidak mendominasi dan mereka mampu bermain baik tanpa dia [Eriksen] karena ia terpinggirkan.”

O’Neilll mengakui bahwa penampilan Eriksen cukup membuatnya stres, terlebih melihat statusnya sebagai pemain top saat ini. Ia pun teringat dengan bekas pelatihnya dulu, Brian Clough.

“Saya merasa stres menontonnya, karena dia adalah pemain yang berkualitas,” ujarnya.

“Ini membuat saya teringat kepada pelatih lama saya, Brian Clough, yang sering mengatakan kepada saya di babak pertama, hampir setiap pekannya, ‘Anda sedang melihat ke luar;’.”

Sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018, Eriksen memiliki andil yang besar untuk mengantarkan Tim Dinamit menuju Rusia. Tetapi karena penampilannya pula Denmark gagal melanjutkan mimpi mereka untuk tampil di babak perempat final.

Ekspektasi tinggi dipasang pada Eriksen sejak awal gelaran Piala Dunia 2018 karena penampilan apiknya bersama Tottenham Hotspur di Premier League dan kompetisi-kompetisi yang ia ikuti. Musim lalu, di klub asuhan Mauricio Pochettino, Eriksen bermain dalam 47 laga di semua ajang dan memberikan kontribusi 14 gol serta 13 assist untuk timnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top