tekno

4 Cara Menghapus Cache di Android

Catatan.id Cache yang menumpuk pada smartphone android akan membuat peforma gadget menurun. Hal ini tentu sangat memberatkan dan menggangu kinerja smartphone. Jika cache dibiarkan terus menumpuk maka memori internal menjadi cepat penuh dan smartphone terasa lebih panas. Cache biasanya terdapat pada aplikasi. Aplikasi yang penuh cache juga terasa lebih berat. Oleh sebab itu anda mesti rutin menghapus cache untuk mempertahankan peforma smartphone anda. Menghapus cache bisa anda coba dengan beberapa cara.

Anda bisa menggunakan cara manual maupun cara otomatis dengan aplikasi. Cache yang menumpuk ini biasanya terdapat pada memori internal dan aplikasi. Kita bisa membersihkan cache secara menyeluruh atau per aplikasi. Anda bisa memilih cara tersebut sesuai dengan kondisi smartphone anda. selain itu aplikasi pihak ketiga pun bisa anda andalkan untuk membantu proses pembersihan tersebut. berikut ulasan selengkapnya untuk cara menghapus cache di android.

Cara Menghapus Cache di Android

  • Pengaturan pada perangkat

Manfaatkan pengaturan perangkat di android untuk menghapus cache. Caranya buka menu Setelan/Settings. Kemudian ketuk menu Penyimpanan dan di situ anda akan menemukan jumlah memori yang dikonsumsi aplikasi serta media lain di perangkat. Ketuk Data Cached. Kemudian akan muncul Pop-Up yang berisi konfirmasi untuk menghapus data cache. Tekan OK kemudian sistem secara otomatis menghapus semua data cache pada aplikasi di ponsel anda.

  • Hapus data cache per aplikasi

Anda juga bisa menghapus data cache per aplikasi dengan membuka menu Setelan. Kemudian pilih Apps dan aplikasi yang anda unduh akan terlihat. Pada menu Info Aplikasi pilih Storage kemudian Clear Cache untuk membersihkan data cache pada aplikasi yang anda pilih. Cara satu ini sangat ampuh untuk menormalkan kembali aplikasi yang terasa berat ketika dijalankan.

  • Aplikasi pihak ketiga

Banyak jenis apliasi dari pihak ketiga yang bisa anda gunakan untuk membersihkan cache. Aplikasi tersebut secara otomatis akan mendeteksi cache yang menumpuk pada memori internal anda. selain menghapus cache, ada pula aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus sampah iklan, meningkatkan masa pakai baterai, hingga mengantisipasi virus sekaligus.

  • Hapus cache dari Recovery

Matikan perangkat smartphone. Muat smartphone ke mode bootloader dengan menekan tombol Power dan Volume turun secara bersamaan. Pilih menu Recovery kemudian tekan tombol Power. Setelah itu pergi ke menu Wipe Cache Partition dan tekan tombol Power untuk memilihnya. Setelah cache dibersihkan, pilih Reboot System Now. Cara satu ini merupakan prosedur lanjutan yang bisa dicoba jika perangkat mengalami kelainan pada kinerja.

Nah itu dia beberapa cara mudah membersihkan cache yang bisa anda coba. Semoga membantu menstabilkan peforma perangkat kembali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top